Kabupaten Sikka

Kabupaten Sikka adalah salah satu kabupaten yang ada dipulau Flores dengan ibukotanya Maumere. Memang, bagi kebanyakan orang diluar NTT nama “Sikka” jarang terdengar. Tetapi ketikan menyebut Maumere, pasti banyak juga yang tau.

Letak kabupaten Sikka berada disebelah barat kabupaten Flores Timur dan sebelah timur kabupaten Ende. Bagian utara berbatasan dengan laut Flores. Sedangkan selatan berbatasan dengan laut Savu. Kabupaten ini sangat kecil wilayahnya diantara kabupaten lain di pulau Flores.

Kabupaten Sikka terdapat beberapa pulau diteluk Maumere yaitu pulau Besar, Pangabatang, Babi, Palue dan pulau – pulau kecil lainya. Diteluk Maumere inilah pertamakali orang Portugis melabuh jangkar dalam ekpedisi kewilayah timur.

Disinilah orang Portugis menyebut nama pulau Flores dengan sebutan Cabo Da Flora. Yang artinya bunga karena mereka menemukan berbagai jenis karang yang indah diteluk Maumere. Inilah cikal bakal mengapa nama pulau ini disebut sebagai pulau Flores.

Penjajahan Portugis yang begitu lama dan kental, sehingga hampir seluruh masyarakat kabupaten Sikka pada saat kerajaan masih berkuasa percaya ajaran Khatolik. Bahkan raja Sikka pada saat itu dibaptis masuk agama Khatolik. Disini merupakan salah satu pusat penyebaran agama Khatolik terkuat di pulau Flores.

Beberapa peninggalan Portugis yang masih tersisa adalah Gereja tua di kampung Sikka. Disini pertamakali Portugis membangun tempat ibdadah bagi penganut Khatolik. Sekarang menjadi obyek wisata religi yang patut dikunjungi.

Geografis kabupaten Sikka, sangat kering hampir seluruh wilayahnya ditutupi oleh padang savana. Curah hujan sangat rendah setiap tahun. Tetapi pertanian tetapi menjadi pekerjaan utama bagi masyarakat setempat. Hutan hanya menutupi sedikit wilayah kabupaten ini.

Umumnya pertanian kabupaten Sikka adalah tanaman umur pendek. Kecuali di wilayah kecamatan Nita dan kecamatan Bola. Jagung, pisang, kacang – kacangan atau palawija adalah hasil utama petani dikabupaten Sikka.

Sedangkan hasil perkebunan yang paling terkenal adalah kopra. Kopra menjadi komoditi terbesar dikabupaten Sikka. Hampir seluruh dataran rendahnya menghasilkan kopra. Coklat, asam dan cengkeh adalah hasil perkebunan tetapi skalanya sangat kecil.

Kabupaten Sikka terkenal dengan sekolah theologi yaitu Seminari tinggi Ledalero dan Retapiret yang telah melahirkan banyak misionaris sejak jaman Portugis dan Belanda. Disinilah lahirnya misionaris pribumi yang bertugas sampai keseluruh dunia hingga saat ini.

Disekitar sekolah tinggi ini berdiri megah patung Bunda Maria tepatnya dipuncak Nilo. Patung ini dibangun pada jaman presiden Mega Wati merupakan salah satu patung besar di Indonesia. Kini mejadi tempat doa dan meditasi bagi umat Khatolik.

Ada banyak obyek wisata dikabupaten Sikka yang bisa dikunjungi. Seperti; gereja tua Sikka, patung Bunda Maria dibukit Nilo, kampung nelayan Wuring, pulau Palue dan diving dibeberapa pulau diteluk Maumere. Tentu masih banyak obyek wisata lain yang bisa dikunjungi disini.

Bagi yang suka mendaki gunung, anda bisa mendaki ke gunung Egon dan gunung Roka Tenda. Kedua gunung ini masih aktif dan sesekali terjadi erupsi. Tentu membutuhkan informasi yang lebih detail untuk pendakian ini.

Salah satu peninggalan jaman perdagangan China yang masih ada adalah Moko sama seperti di kabupaten Alor. Untuk mencapai tempat ini membutuhkan 2 jam dari kota Maumere. Tepatnya di kecamatan Bola.

Kota Maumere ibukota kabupaten Sikka merupakan pintu masuk bagian timur pulau Flores. Disinilah hampir semua penerbangan bisa terkonkeksi dari berbagai wilayah atau kota besar di Indonesia. Sehingga menjadi pintu masuk bagi wisatawan yang hendak ke Flores.

Bandara ini cukup besar yang bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar. Untuk wisata pulau Flores yang dimulai dari timur, maka kota Maumere menjadi pintu masuk utama. Maka dari sini perjalanan darat pun dimulai kewilayah barat pulau Flores.

Untuk informasi lengkat tentang wisata kewilayah kabupaten Sikka, bisa anda dapatkan dengan agen loka yang berbasis dipulau Flores. Tetapi biasanya wisata Flores selalu dilakukan sekalian dari timur hingga ke barat dengan perjalanan darat.

Semoga informasi umum tentang pariwisata kabupaten Sikka, berguna bagi pengunjung yang hendak berwisata ke pulau Flores.