Kabupaten Nage Keo

Kabupaten Nagekeo

Kabupaten Nagekeo merupakan kabupaten termuda di pulau Flores. Terbentuk dan diresmikan menjadi status kabupaten sejak tahun 2007. Sebelum menjadi kabupaten pemekaran, kabupaten Nagekeo merupakan bagian dari kabupaten Ngadha yang dibahas sendiri dalam sub topik dalam blog ini.

Memang sepintas jika kita melintasi kabupaten Nagekeo dalam perjalanan dipulau Flores tentu sulit untuk mengetahui dimana posisi sebenarnya. Dibagian timur kabupaten Nagekeo berbatasan dengan kabupaten Ende, sebelah barat dengan kabupaten Ngadha, bagian utara dengan laut Flores dan bagian selatan dengan laut Savu.

Jika kita melintasi kabupaten ini pemandangan yang disuguhkan adalah kebanyakan Savana. Memang hampir seluruh areanya ditumbuhi pada rumput. Tetapi merupakan daerah yang subur karena disebagian wiayahnya ditumbuhi hutan.

Mbai adalah ibukota kabupaten Nagekeo yang terletak dibagian utara. Kota ini belum begitu terkenal karena fasilitas dan infrastruktur sedangn dibangun oleh pemerintah. Jangan heran jika anda kesana belum memiliki daya dukung yang baik.

Kota ini dibangun pada bagian lain dari areal persawahan. Karena kabupaten Nagekeo merupakan salah area persawahan terbesar kedua di propinsi Nusa Tenggara Timur. Letak persawahan atau irigasinya di kota Mbai. Dulu sebelum irigasi dibangun, area ini merupakan padang rumput atau savana.

Tetapi kini area ini menjadi sentra kegiatan petani sawah dan banyak yang menetap disana. Maka wilayah ini menjadi sumber pangan bagi kabupaten Nagekeo dan Flores pada umumnya. Selain pertanian kabupaten Nagekeo juga merupakan penghasil ternak. Karena wilayahnya cocok untuk peternakan.

Jika melihat pariwisata, maka kabupaten Nagekeo juga memiliki banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di pulau Flores. Alamnya yang indah, kebudayaan lokal dan tenun ikatnya.

Salah satu obyek wisata yang sudah terkenal adalah rumah adat Nagekeo dan pendakian gunung. Kedua obyek wisata ini sudah menjadi destinasi utama bagi para pengunjung sejak tahun 1980 hingga saat ini.

Gunung Ebulobo merupakan salah satu gunung tertinggi di pulau Flores yang berada dibagian selatan kabupaten Nagekeo. Ketinggian mencapai 2.124 meter diatas permukaan air laut yang merupakan gunung stratovolcano. Gunung Ebulobo merupakan salah satu tempat pendakian yang baik di pulau Flores.

Banyak wisatawan yang melakukan pendakian digunung ini sejak lama sebagai bagian dari kegiatan wisata pendakian gunung dipulau Flores. Gunung Ebulobo merupakan gunung berapi yang masih aktif. Sehingga sangat menarik untuk wisatawan yang hoby pendakian.

Kampung adat Nageko merupakan salah satu tempat yang selalu dikunjungi oleh wisatawan. Kampung ini terletak di distrik Boawae. Memiliki keunikan tersendiri. Disini satu – satunya tempat dimana anda bisa melihat langsung tanduk kerbau raksasa. Yang diperkirakan ada sejak 8000 tahun lalu.

Kondisi geografis kabupaten Nagekeo sama seperti wilayah lain di pulau Flores. Hampir seluruh wilayahnya ditutupi pegunungan dan bukit. Sehingga selalu menyuguhkan pemandangan yang indah selama perjalanan darat.

Untuk transportasi darat sangat lancar karena wilayah ini berada dibagian tengah pulau Flores. Sehingga selalu dilewati jika hendak kebagian timur atau kebagian barat. Untuk mendapatkan transportasi ke kabupaten Nagekeo, maka dari kota Ende bagian timur dan Bajawa bagian barat sangat dekat.

Sedangkan untuk transportasi laut, hanya melalui Mbai bagian utara kabupaten Nagekeo. Pelabuhan kecil tetapi bisa dan selalu disinggahi oleh kapal Pelni. Untuk transportasi udara, kabupaten ini belum memiliki bandar udara. Sehingga jika anda ingin masuk kabupaten Nagekeo, harus melalui bandara di Ende dan Soa.

Tetapi kedua bandara ini sangat dekat dari kabupaten Nagekeo. Untuk menginap saat ini hanya ada dikota Mbai. Tetapi hotel – hotel berukuran kecil namun cukup untuk penginapan yang layak.

Rumah makan ada dikota Mbai namun tidak banyak. Masakan Jawa, Padang, Minang dan lain – lain bisa ditemukan disekitar kota Mbai. Namun area Mbai merupakan tempat yang baik untuk melihat area persawahan.

Untuk informasi lengkap tentang wisata kabupaten Nagekeo dalam perjalanan wisata pulau Flores, bisa menghubungi agen lokal yang berbasis dipulau Flores. Biasanya wisata kabupaten Nagekeo selalu menjadi bagian dalam pariwisata pulau Flores.