Kabupaten Manggarai Timur

Kabupaten Manggarai Timur

Kabupaten Manggarai Timur adalah salah satu kabupaten pemekaran dipulau Flores propinsi Nusa Tenggara Timur. Terbentuk pada 17 Juli 2007 kabupaten Manggarai Timur adalah pemekaran dari kabupaten induk yaitu kabupaten Manggarai.

Ibukota kabupaten Manggarai Timur adalah Borong. Sebuah kota kecil yang terletak dibagian selatan dari kabupaten ini. Sejak terbentuk menjadi kabupaten sendiri, pemerintah sedang membangun berbagai infrastruktur, pembenahan, pengelolaan dan penataan diberbagai bidang.

Disebelah timur berbatasan dengan kabupaten Ngada, sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Manggarai, utara berbatasan dengan laut Flores dan selatan berbatasan dengan laut Savu. Kopi, Coklat dan Cengkeh merupakan komoditi utama dikabupaten Manggarai Timur.

Kopi Manggarai Timur merupakan salah satu biji kopi terbaik karena memiliki kualitas yang terbaik pula. Namun pengelolaanya belum maksimal. Jika dikelola dan dikemas dengan baik maka ini akan menjadi ikon kabupaten Manggarai Timur.

Wliayah kabupaten Manggarai Timur sangat subur sehingga bisa menjadi penghasil komoditi perkebunan dan pertanian. Berbagai tanaman perdagangan bisa ditemukan dikabupaten pemekaran ini. Dibagian pesisir adalah penghasil kopra karena banyak perkebunan kelapa.

Hasil pertanian cukup banyak dan mudah ditemukan dimana – mana. Padi, palawija, pisang, sayur – sayuran dan berbagai hasil pertanian merupakan penghasilan utama bagi masyarakat setempat. Memang kabupaten Manggarai Timur merupakan salah satu kabupaten yang menghasilkan bahan baku perkebunan dan pertanian.

Jika berbicara pariwisata maka kabupaten Manggarai Timur dari banyak aspek belum tersentuh dengan baik. Walaupun daya tarik wisatanya cukup banyak, baik alam, budaya dan kehidupan masyarakat setempat. Tetapi ada sedikit obyek wisatanya sudah dikunjungi oleh wisatawan selama ini.

Poco Ndeki merupakan gunung dengan ketinggian mencapai 600 meter diatas permukaan air laut. Terletak disebelah timur kota Borong merupakan hutan lindung. Disini terdapat beberapa burung endemik yang masih hidup.

Beberapa tour operator telah melakukan ekplorasi burung bersama wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Biasanya dengan melakukan treking pada pagi hari yang dimulai dari Kisol. Namun sampai saat ini pengelolaanya belum maksimal. Sehingga promosinya juga belum mencapai target yang di inginkan.

Beberapa jenis tanaman tropika bisa ditemukan di Poco Ndeki. Jenis tumbuhan disana adalah tropis kering. Tepat dibagian lereng gunung, terdapat begitu banyak tanaman perdagangan dari masyarakat setempat. Sehingga pengunjung bisa melihat langsung hasil panen perkebunan dan pertanian.

Perlu diketahui bahwa gunung tertinggi dipulau Flores bahkan dipropinsi Nusa Tenggara Timur berada dikabupaten Manggarai Timur. Bagi masyarakat NTT banyak yang mengenalnya. Yaitu gunung Ranaka dengan ketinggian 2.400 meter diatas permukaan air laut.

Gunung Ranaka merupakan pusat hutan hujan tropis terbesar di pulau Flores. Maka begitu banyak sumber air dari gunung ini disekeliling lereng yang membentuk sungai. Gunung Ranaka merupakan tempat wisata burung yang paling digemari wisatawan.

Hingga saat ini ada banyak tour operator beroperasi di gunung Ranaka untuk ekplorasi burung. Ada beberapa burung endemik yang hidup disana. Untuk melakukan ekplorasi burung, maka pengunjung harus melewati hutan lebat dengan treking atau berjalan.

Gunung Ranaka mudah ditemukan oleh siapapun yang melewati trans Flores antara kota Bajawa – Borong dan Ruteng atau sebaliknya. Terletak dibagian utara dari kota Borong. Danau Rana Mese merupakan sumber air yang ada dikaki gunung Ranaka. Air dari danau Rana Mese menjadi sumber air minum bagi masyarakat bagian selatan.

Danau Rana Mese juga telah mengairi persawahan dan tanaman lain diwilayah selatan. Didekat danau Rana Mese anda bisa melihat sawah yang bertingkat atau terasering. Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah dan menikmati udara sejuk.

Komodo Pota, adalah binatang Komodo yang hidup diwilayah utara kabupaten Manggarai Timur. Ada beberapa spot yang bisa diketemukan disana. Memang cukup sulit ditemukan karena Komodo hidup berkeliaran pada wilayah yang luas.

Kini wilayah ini menjadi cagar alam untuk melestarikan reptil purbakala. Akan sangat menguntungkan jika ditaman nasional Komodo akan menggunakan sistem kuota untuk kunjungan wisatawan. Maka Komodo Pota akan menjadi opsi yang tepat karena akses dari Labuan Bajo lebih dekat. Ini juga akan membuka tempat baru untuk destinasi wisata Flores bagian barat.

Jika wilayah ini dikemas dengan baik termasuk mengamankan binatang Komodo, maka akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat kabupaten Manggarai Timur. Karena wilayah utara kabupaten Manggarai Timur memiliki keindahan alam pantai dan bukit – bukit yang mempesona.

Masih begitu banyak obyek wisata di kabupaten Manggarai Timur namun karena kabupaten pemekaran pada saat ini sedang membuka akses untuk memudahkan pengunjung kesana. Kegiatan pariwisata yang paling bagus saat ini di kabupaten Manggarai Timur adalah Eco wisata. Karena harus menempuh kondisi geografis yang bergunung dan berbukit serta infrastruktur yang belum rampung.

Untuk mencapai wilayah Manggarai Timur, sangatlah mudah karena bisa diakses melalui trans Flores yang melewati sebagian wilayah. Terutama bagian barat dan selatan. Juga saat in jalur pantai utara sedang dibangun tetapi belum rampung.

Sedangkan untuk transportasi udara bisa memilih Labuan Bajo atau Ruteng sebagai pintu masuk. Kabupaten Manggarai Timur belum memiliki bandara sendiri. Untuk pelabuhan laut belum ada karena pelabuhan Fery dikota Borong tidak nyaman bagi pengunjung.

Akomodasi dan rumah makan bisa ditemukan dikota Borong. Tetapi hotel – hotel sangat kecil namun bisa menjadi opsi jika hendak bermalam disana. Jenis makanan adalah masakan Jawa, Minang, Padang, Lombok dan sedikit masakan China.

Untuk kabupaten Manggarai Timur mudah dipaketkan dengan wisata taman nasional Komodo jika akses bagian selatan dan utara rampung. Karena ini bisa menjadi bagian lain dari kegiatan ditaman nasional Komodo. Sehingga wisatawan bisa melihat lebih jauh tentang pulau Flores bagian barat.

Sehingga bisa dikemas dalam paket wisata Komodo Flores dimana pengunjung akan melihat beberapa obyekw wisata bagian barat. Ekplorasi ini akan membutuhkan waktu lebih dari seminggu. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan baik bagi pengunjung maupun bagi masyarakat lokal.