Kabupaten Manggarai Barat

Kabupaten Manggarai Barat

Siapapun sebagai orang Indonesia pasti banyak yang mengenal kabupaten Manggarai Barat. Karena kabupaten ini sering muncul diberbagai media. Menjadi kabupaten baru sejak tahun 2003 dimana Labuan Bajo sebagai ibukota kabupaten.

Sejak tahun 2003, kabupaten Manggarai Barat mulai menata infrastruktur baik diwilayah ibukota maupun disetiap kecamatan. Dengan perhatian pusat sejak beridirinya kabupaten Manggarai Barat hingga saat merupakan pintu masuk utama bagi wisatawan.

Kabupaten Manggarai Barat merupakan kabupaten di propinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki sektor pariwisata sebagai sektor andalan. Tentu banyak orang tahu tentang ini karena memiliki taman nasional Komodo yang sangat mendunia.

Ini adalah salah satu kabupaten di propinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak pulau. Pulau – pulau itu berada diwilayah barat dari kabupaten Manggarai Barat. Sebagian gugusan pulau – pulau itu masuk dalam kawasan taman nasional Komodo.

Dibagian timur berbatasan dengan kabupaten Manggarai, sebelah barat berbatasan dengan selat Sape atau propinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan laut Savu dan bagian utara berbatasan dengan laut Flores.

Sektor utama dari kabupaten Manggarai Barat adalah pariwisata, perikanan dan pertanian. Jika bicara pariwisata, maka kabupaten Manggarai Barat sudah memasuki tingkat nasional dan internasional. Sebab kabupaten ini memiliki kunjungan wisata mencapai 140.000 wisatawan setiap tahun.

Sedangkan sektor andalan lain adalah perikanan. Karena begitu banyaknya pulau, maka wilayah menjadi penghasil ikan yang cukup banyak. Ini yang membuat masyarakat kabupaten Manggarai Barat sebagian bekerja sebagai nelayan.

Pertanian juga merupakan penyokong utama di kabupaten Manggarai Barat. Pada saat ini kabupaten Manggarat barat memiliki irigasi terbesar di propinsi Nusa Tenggara Timur. Yaitu persawahan Lembor sekitar 2 jam perjalanan darat dari kota Labuan Bajo. Selain pertanian, kabupaten Manggarai Barat memiliki hasil perkebunan rakyat seperti coklat, kopi, cengkeh, kemiri dan lain lain.

Labuan Bajo sebagai ibukota kabupaten Manggarai Barat, kini menjadi pintu masuk utama bagi wisatawan. Karena fasilitas yang memadai baik udara, darat dan laut.

Pelabuhan udara Komodo dikota Labuan Bajo telah menjadi salah satu bandara internasional. Memang pada saat ini belum ada penerbangan langsung dari dan keluar negeri karena masih membangun fasilitas sebagai daya dukung. Sebagai pintu masuk bagi wisatawan bandara Komodo sedang menata fasilitas, sumber daya manusia dan pelayanan bandara yang profesional.

Dari bandara Komodo – Labuan Bajo, bisa menghubungkan beberapa kota di propinsi Nusa Tenggara Timur. Penerbangan langsung keberbagai wilayah di Indonesia sangat mudah. Seperti, Jakarta, Bali, Surabaya, Lombok dan Makasar. Sehingga wisatawan dapat dengan mudah mencapai wilayah kabupaten Manggarai Barat.

Pelabuhan Fery merupakan salah satu pelabuhan terbaik di wilayah Indonesia bagian timur. Pelabuhan marina ini sudah dibangun dengan fasilitas yang sangat memadai. Pelabuhan marina Labuan Bajo menghubungkan dua pelabuhan lain yaitu Sape dibagian timur pulau Sumbawa dan Makasar di pulau Sulawesi.

Pelabuhan Pelni yang merupakan salah satu pelabuhan besar di propinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan fasilitas yang memadai, kini pelabuhan pelni bisa menghubungkan berbagai kota pelabuhan wilayah lain di Indonesia. Pada saat ini banyak kapal penumpang Pelni yang melayani rute ke berbagai wilayah di Indonesia.

pelabuhan bongkar muat akan dibangun dalam beberapa tahun. Pelabuhan bongkar muat ini akan memudahkan pendistribusian barang – barang keluar dan masuk. Labuan Bajo merupakan salah dari Empat wilayah sebagai kawasan utama untuk destinasi pariwisata di Indonesia.

Memang tidak bisa dipungkiri karena wisatawan tidak bisa masuk langsung kekawasan taman nasional Komodo tanpa melewati kota Labuan Bajo. Labuan Bajo menjadi tempat bagi setiap wisatawan untuk transit atau menginap sebelum atau sesudah masuk kawasan taman nasional Komodo.

Kota Labuan Bajo memiliki hotel – hotel berbintang, restaurant, toko souvernir, diskotik, bar, kapal angkutan wisata dan basis perusahan biro perjalanan wisata. Wisatawan bisa memilih kelas hotel, mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang. Dibeberapa pulau terdapat resort yang mewah sebagai alternatif bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburnya di pulau.

Restaurant atau rumah makan mudah didapatkan disetiap sudut kota Labuan Bajo. Sehingga wisatawan dengan mudah mendapatkan makan jika masuk ke ibukota kabupaten Manggarai Barat. Berbagai jenis masakan bisa diketemukan. Seperti; masakan Eropa, America, China dan Indonesia.

Tempat hiburan mudah didapatkan disekitar kota Labuan Bajo. Dengan fasilitas yang layak dan pelayanan yang baik, maka ini menjadi bagian dari kegiatan pariwisata. Sehingga wisatawan bisa menikmati hiburan selama berlibur.

Untuk toko souvernir bisa ditemukan dibeberapa tempat. Ini akan menjadi kenangan bagi wisatawan setelah pulang kerumah. Berbagai souvernir dijual yang didominasi oleh khas lokal dari masyarakat setempat.

Dipelabuhan Labuan Bajo, terdapat banyak kapal – kapal angkutan wisata. Mulai dari kelas kecil, medium hingga kapal wisata yang berkapasitas besar. Kapal – kapal angkutan wisata umumnya merupakan kapal kayu dengan modifikasi untuk wisatawan.

Kapal bisa dipilih mulai dari kapal kebin atau non kebin. Kapal kebin juga bisa dipilih mulai fan atau kebin ber AC. Ini bisa diputuskan saat berkomunikasi dengan biro perjalanan anda. Tentu harga pun berbeda sesuai dengan fasilitas yang diinginkan oleh wisatawan.

Kota Labuan Bajo ibukota kabupaten Manggarai Barat memilki banyak biro perjalanan wisata, baik kantor pusat maupun kantor cabang. Semua biro perjalanan ini akan membantu wisatawan untuk memudahkan perjalanan hari liburnya ke pulau Flores dan taman nasional Komodo.

Tetapi mesti wisatawan harus teliti sebelum memutuskan karena tidak semua agen memiliki ijin yang resmi. Dengan pasar online masa kini maka pemasaran bisa dilakukan oleh siapapun. Informasi ini hanya sekedar mengingatkan demi kenyamanan anda selama berlibur di kabupaten Manggarai Barat.

Mungkin untuk melihatnya sangat mudah yaitu pengecekan telepon dan Fax serta pembayaran yang menggunakan rekening perusahan. Karena nomor telepon mobile tidak menjamin bahwa usaha itu resmi atau tidak. Sekali lagi bahwa informasi ini tidak memaksa wisatawan namum mengingatkan demi kenayaman perjalanan hari libur anda.

Disekitar Labuan Bajo ada obyek wisata yang bisa dikunjungi dengan mudah. Yang cukup terkenal adalah gua Batu Cermin. Gua ini mempunyai daya tarik tersendiri karena memiliki karang – karang yang membatu. Juga stalaktik dan stalakmit bisa ditemukan dalam gua ini. Hanya membutuhkan waktu 10 menit dengan kendaraan dari kota Labuan Bajo.

Gua Rangko merupakan salah obyek wisata alam yang bisa kunjungi. Terletak dibagian utara kota Labuan Bajo. Hanya membutuhkan waktu 20 menit mencapai kampung Rangko. Dari kampung Rangko akan menggunakan kapal lokal untuk mencapai gua. Karena gua ini terletak dibibir pantai dengan begitu banyak gugusan batu.

Cunca Rami dan Cunca Wulang merupakan Dua tempat yang berbeda lokasinya tetapi memiliki air terjun. Untuk mencapai kedua tempat ini membutuhkan waktu 1 sampai 1.30 menit dengan kendaraan. Jika berkunjung kedua tempat ini, anda akan melihat juga perkebunan dan pertanian lokal.

Jika tertarik dengan pendakian maka, selain taman nasional Komodo wisatawan juga dapat melakukanya di puncak Mbeliling. Untuk mencapai gunung Mbeliling hanya membutuhkan 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan sampai ketitik dimulainya pendakian.

Gunung Mbeliling juga menjadi tempat konservasi burung secara alamiah. Karena kawasan ini memiliki burung endemik yang memang membutuhkan waktu khusus untuk melakukan ekplorasi. Puncak Mbeliling juga cocok untuk wisata kemping.

Tidak jauh dari gunung Mbeliling atau tepatnya dilembah kaki gunung terdapat danau yaitu Sano Nggoang. Danau ini merupakan bagian koservasi gunung Mbeliling. Danau Sano Nggoang merupakan salah satu danau terbesar di pulau Flores. Disini terdapat sumber air panas sebagai tempat pemandian bagi wisatawan.

Lembor merupakan pusat irigasi terbesar di propinsi Nusa Tenggara Timur hingga saat ini. Untuk mencapai Lembor, wisatawan membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dengan kendaraan. Anda bisa melihat langsung kegiatan petani lokal.

Tidak jauh dari Lembor ke bagian selatan terdapat pantai Mberenang. Pantai yang berpasir hitam dan putih ini menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat Manggarai pada hari libur. Pantai dengan garis pantai yang cukup panjang ini sangat baik untuk rekreasi. Sepanjang garis pantai ini terdapat sumber air panas yang langsung mengarah kelaut. Sumber air panas ini muncul dari celah – celah bebatuan dipinggir pantai.

Masih banyak obyek wisata lain yang belum terekpos disini, tetapi anda bisa mengetahui lebih lanjut dengan agen perjalanan anda yang ada dikota Labuan Bajo. Kami rekomendasikan agen lokal yang berbasis dikota Labuan Bajo yaitu PT. KOMODO MEGA WISATA. Perusahan ini beroperasi sejak tahun 2010 dengan pengalaman mengurus berbagai paket wisata Flores Komodo.