Wisata pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo

Wisata pulau Komodo merupakan salah satu dari sekian banyak tujuan wisata ke taman nasional Komodo. Pulau Komodo merupakan pulau terbesar dalam kawasan taman nasional Komodo. Dengan luas 280 kilometer bujur sangkar dimana merupakan tujuan utama bagi wisatawan untuk melihat binatang Komodo.

Pulau Komodo ditemukan sejak 1912 oleh tentara Belanda saat kapal mereka berlabuh dipelabuhan Loh Liang. Mulai saat ini itu Binatang Komodo dipulau Komodo diperkenalkan kepada dunia. Pulau Komodo secara geografis merupakan wilayah yang bergunung dan berbukit.

Hampir semua wilayahnya ditutupi savana dan hutan kering. Hanya sedikit wilayahnya ditutupi hutan terutama dipuncak gunung Ara. Pada sebagian wilayah pesisir terdapat hutan bakau. Pulau dengan curah hujan paling rendah dan sangat pendek. Pulau Komodo menyimpan kekayaan alam yang menakjubkan.

Sebagai pulau terbesar dalam kawasan taman nasional Komodo, maka pulau ini menjadi perhatian utama dari pulau lainya. Pulau Komodo masuk dalam wilayah konservasi sebagai proteksi terhadap binatang Komodo dan binatang liar lainya.

Binatang Komodo hidup liar dialam tanpa diberi makan sehingga tidak merubah habitat aslinya. Jumlah populasi binatang Komodo sampai saat ini mencapai 1.200 ekor yang menyebar diberbagai tempat dipulau ini. Binatang liar selain Komodo yang hidup adalah kerbau, rusa, babi hutan, ular dan beberapa jenis burung. Disini juga terdapat jenis burung endemik.

Kegiatan wisata pulau Komodo sudah lama dilakukan oleh petualangan Eropa. Namun operator Indonesia dari Bali dan Jawa merintis perjalanan ke pulau Komodo sejak tahun 1970 an. Sejak menjadi taman nasional tahun 1980, pulau Komodo menjadi tujuan utama bagi wisatawan.

Kunjungan wisata pulau Komodo semakin meningkat dari tahu ke tahun ketikta statusnya menjadi taman nasional di Indonesia. Sejak terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia, kunjungan wisatawan ke pulau Komodo drastis meningkat. Sehingga pertumbuhan aktifitas juga menjadi lebih intesif dari pelaku dan masyarakat setempat.

Dipulau Komodo terdapat kampung nelayan yaitu kampung Komodo. Masyarakat hidup bersama sebagai komunitas nelayan tanpa pembatas dari area Komodo. Kini masyarakat nelayan beralih pekerjaan menjadi ranger, penjual suvernir dan pemandu wisata lokal.

Pulau Komodo juga merupakan tempat penelitian bagi ilmuwan dan mahasiswa. Banyak ilmuwan telah melakukan penelitian di pulau Komodo untuk mengenal lebih jauh tentang alam dan binatang Komodo.

Gunung tertinggi adalah gunung Ara yang terletak dibagian tengah pulau Komodo. Gunung Ara merupakan sumber air bagi pulau Komodo dan masyarakatnya. Gunung Ara sering digunakan sebagai tempat treking untuk melihat binatang Komodo dan binatang liar lainya dalam wisata pulau Komodo.

Gunung ini juga menjadi tempat melihat atau mengamati burung – burung endemik. Disana terdapat binatang Komodo yang sangat liar karena jarang bertemu dengan manusia. Terdapat bekas kampung didataran tinggi yang diperkirakan orang – orang yang pernah hidup disekitar dataran itu.

Kegiatan yang paling banyak dalam wisata pulau Komodo adalah treking karena akan melihat lebih banyak binatang Komodo dan menikmati pemandangan yang sangat spektakuler. Tetapi tidak untuk kemping atau menginap karena ini beresiko diserang binatang Komodo.

Ada banyak pos penjagaan disekeliling pulau Komodo guna mengamankan kawasan dari perburuan manusia. Pos utama utama untuk pelayanan bagi wisatawan adalah Loh Liang. Terdapat kantor dari otoritas taman nasional Komodo untuk melayani wisatawan setiap hari.

Loh Liang memiliki dermaga permanen untuk berlabuhnya kapal – kapal wisata. Sejak tahun 2000 an hingga kini kapal – kapal pesiar berskala besar dari luar negeri telah melakukan persinggahan di Loh Liang. Untuk melayani wisatawan, ranger telah disiapkan dengan keahlian memandu dan melindungi wisatawan.

Pelayanan tiket masuk langsung pada saat memasuki Loh Liang dengan membayar sejumlah uang sebagai ijin masuk kawasan. Harga untuk wisatawan asing dan domestik berbeda. Sedangkan untuk kegiatan khusus seperti trekking panjang, observasi burung, penelitian dll yang membutuhkan ijin khusus dan pelayanan khusus pula.

Selain kegiatan darat, wisata pulau Komodo menyuguhkan kegiatan wisata laut yang mempesona. Banyak orang mengetahui nama Pantai Merah atau Pink beach. Merupakan titik atau spot yang sangat terkenal karena keindahan karang dan berbagai jenis ikan yang ada dalam laut.

Kegiatan snorkeling ke pantai Merah menjadi bagian utama dalam program wisata pulau Komodo. Disini tanpa diving, anda bisa melihat berbagai jenis karang dan ikan yang berwarna warni. Atau hanya menikmati keindahan pantai yang berpasir pink atau merah muda. Setiap kapal wisata selalu melakukan persinggahan di pantai Merah.

Untuk mencapai pulau Komodo hanya menggunakan kapal angkutan wisata atau speed boat. Tetapi umumnya wisatawan lebih banyak menggunakan kapal angkutan wisata. Baik yang menginap maupun perjalanan pp Labuan bajo pulau Komodo.

Dalam wisata pulau Komodo, wisatawan bisa memilih berbagai fasilitas kapal sesuai dengan keinginan dan anggaran anda. Untuk musim puncak kunjungan, wisatawan disarankan untuk melakukan pemesanan paling lambat 1 bulan sebelum kedatangan. Puncak kunjungan itu pada bulan Juli dan Agustus setiap tahun. Pemesanan lebih awal akan mengamankan jadwal kapal sehingga anda akan diberi prioritas.

Jika pada Januari 2020, pulau Komodo ditutup untuk sementara maka pilihan yang lain untuk wisata ketaman nasional Komodo adalah pulau Rinca. Karena pemerintah telah merencanakan penutupan pulau Komodo dimulai Januari 2020 untuk melakukan berbagai teknis soal konservasi pulau tersebut.

Jika informasi wisata pulau Komodo belum cukup, anda bisa menghubungi kami. Ini bukan informasi detail tetapi informasi umum yang bisa menambah wawasan bagi calon wisatawan.