Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Taman nasional Komodo merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak disebelah barat dari pulau Flores. Taman nasional Komodo secara administrasi merupakan bagian dari wilayah kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat propinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman nasional Komodo terdiri dari 32 pulau yang menutup kawasan secara keseluruhan. Dimana pulau terbesar adalah pulau Komodo. Kawasan taman nasional Komodo berbatasan dengan pulau Flores sebelah timur dan pulau Sumbawa sebelah barat. Pada bagian utara dengan laut Flores dan selatan dengan laut Savu.

Taman nasional Komodo memiliki tiga pulau besar yaitu pulau Komodo, Rinca dan Padar. Luas taman nasional Komodo mencapai 1817 km2. Dimana luas daratan 603 km2 dan lautan 1214 km2. Beberapa pulau dihuni oleh masyarakat setempat yang umumnya nelayan tradisional.

Menjadi taman nasional tentu mempunyai sejarah yang panjang sejak penjajahan Belanda di Indonesia.

  • Menjadi cagar manusia dan biosfer tahun 1977.
  • Status taman nasional oleh pemerintah RI tahun 1980.
  • Tahun 1991 menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Tahun 1992 menjadi simbol nasional oleh presiden RI.
  • Status sebagai kawasan perlindungan laut tahun 2000.
  • Tahun 2006 sebagai taman nasional model Indonesia
  • Status menjadi New Seven Wonder of Nature(Tujuh keajaiban alam dunia).

Sejarah panjang itulah yang menjadikan fundasi pengelolaan kawasan dan sebagai daya tarik atau menjadi destinasi dunia. Taman nasional Komodo dikelola oleh otoritas Kementerian Kehutanan RI. Sejak tahun 1980, taman nasional Komodo dikelola secara manajemen oleh kantor taman nasional Komodo dikota Labuan Bajo.

Taman nasional Komodo terkenal dengan binatang raksasa atau biasa disebut sebagai kadal raksasa yaitu Komodo. Kadal Komodo tidak bisa ditemukan didunia lain selain di taman nasional Komodo. Hidup dan berkembang pada habitat aslinya.

Selain kadal raksasa Komodo, juga binatang liar lainya seperti; kerbau, kuda liar, rusa, babi hutan, monyet dan beberapa jenis burung. Semua binatang tersebut merupakan makanan dari kadal raksasa Komodo. Untuk mendapatkan makanan, kadal raksasa Komodo harus melakukan perburuan.

Sampai saat ini pertumbuhan kadal raksasa Komodo masih seimbang dengan binatang liar lainya. Lebih dari 2000 kadal raksasa yang tersebar dibeberapa pulau dalam kawasan taman nasional Komodo. Komodo hidup di pulau Komodo, Rinca, Nusa Kode dan Gili Motang. Komodo juga hidup dibeberapa kawasan dipulau Flores.

Sejak tahun 1980, taman nasional Komodo sering dikunjungi oleh wisatawan baik manca negara maupun dalam negeri. Hingga saat ini kunjungan wisatawan taman nasional Komodo mencapai 45.000 orang per tahun. Maka taman nasional Komodo menjadi salah satu tujuan wisata dunia.

Selain daya tarik wisata darat, taman nasional Komodo juga memiliki daya tarik wisata laut. Dimana taman nasional Komodo merupakan tempat menyelam kelas dunia karena keindahan karang dan berbagai jenis ikan. Hanya dengan snorkeling saja, wisatawan dapat melihat keindahan karang dan berbagai jenis ikan bisa ditemukan. Hampir semua tempat di kawasan bisa melihat jenis terumbu karang dan ikan yang berwarna warni.

Maka kegiatan wisatawan pada saat berkunjung ke taman nasional Komodo tidak hanya didarat tetapi juga di laut. Dua kegiatan ini selalu dilakukan oleh wisatawan yang berlibur. Kegiatan lain yang bisa dilakukan dalam kawasan taman nasional Komodo adalah memancing, dayung sampan, berkemah atau kemping dipantai.

Hampir seluruh pantainya berpasir putih. Yang paling unik adalah beberapa pantai ditutupi oleh pasir yang berwarna merah. Yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah pantai Merah di pulau Komodo. Disini wisatawan dapat melakukan snorkeling atau rekreasi pantai. Disini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk snorkeling atau diving.

Keindahan alam bisa ditemukan disetiap titik dikepulauan taman nasional Komodo. Topografi pulau yang bergunung dan berbukit merupakan keunikan tersendiri karena bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Pulau Padar dan puncak Gili Lawa Darat merupakan tempat untuk melihat keindahan pulau – pulau ditaman nasional Komodo.

Kedua tempat ini sudah menjadi tujuan bagi wisata fotografer kelas dunia. Itulah sebabnya taman nasional Komodo menjadi salah satu taman jurasik yang asli. Kini pulau Padar dan puncak Gili Lawa darat sebagai tempat untuk mengabdikan kenangan bagi setiap pengunjung.

Untuk informasi lengkap wisata ke taman nasional Komodo dari kota Labuan Bajo beserta paket – paket wisata Komodo, maka pengunjung dapat menghubungi agen perjalanan dari pulau Flores. Terutama yang berbasis dikota Labuan Bajo. Kami rekomendasikan agen lokal terbaik yang berbasis dikota Labuan Bajo adalah PT. KOMODO MEGA WISATA.

Perusahan yang berpengalaman dan sangat profesional untuk menangani paket – paket wisata Komodo. Pelayanan baik untuk grup/rombongan atau individu. Memiliki armada sendiri baik didarat maupun dilaut. Perusahan ini tidak melayani sistem koleksi, sharing atau katalog. Hanya mengurus pelayanan privat.

Jika anda yakin dengan rekomendasi kami tentang agen perjalanan wisata yang berbasis dikota Labuan Bajo, maka klik link ini wisata Komodo atau link ini untuk melihat paket wisata Komodo.

Taman Nasional Komodo

Untuk mencapai taman nasional Komodo hanya melalui kota Labuan Bajo, bagian barat pulau Flores. Disini merupakan satu – satunya pintu masuk terbaik dan teraman. Dari kota Labuan Bajo, wisatawan menggunakan kapal angkutan wisata dari agen perjalanan wisata yang berbasis disini.

Taman Nasional Komodo

Untuk informasi lengkap tentang wisata atau paket wisata Komodo, silakan hubungi biro perjalanan wisata diatas. Kami sangat merekomendasikan perusahan tersebut baik untuk wisata Komodo maupun wisata Flores Komodo.