Pariwisata Indonesia

Pariwisata Indonesia Menurun 2018

Diperkirakan pariwisata Indonesia tahun 2018 akan turun drastis karena bom Surabaya. Paska kejadian bom Surabaya, beberapa negara memberikan himbauan untuk berhati – hati mengunjungi Indonesia pada hari liburan karena dianggap tidak nyaman dengan kondisi yang ada. Tentu tidak salah jika memang himbauan itu diberikan oleh negara lain karena ini demi kenyamanan warga negaranya pada hari libur di luar negerinya sendiri.

Tak dapat dipungkiri bahwa kejadian bom Surabaya telah merusak sendi – sendi kehidupan masyarakat Indonesia dan internasional. Tentu tidak hanya untuk wisatawan manca negara tetapi juga bagi wisatawan domestik untuk mengunjungi tempat lain. Tentu sangat menakutkan karena merasa tidak nyaman baik bagi wisatawan maupun bagi semua warga negara kita. Peristiwa bom Surabaya telah memberikan dampak negatif terhadap pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun kedepan terutama tahun 2018.

Dampak bom Surabaya telah mematikan bisnis tours dan travel Indonesia pada tahun 2018. Dibeberapa biro perjalanan wisata Indonesia telah memberikan informasi bahwa ada banyak wisatawan yang telah membatalkan perjalanan ke Indonesia. Walaupun wisatawan telah melakukan transaksi kepada perusahan jasa wisata Indonesia.

Mungkin akan berubah jika dalam waktu kedepan tidak terjadi lagi peristiwa yang sama. Namun kebanyakan wisatawan membutuhkan waktu yang lama untuk berkunjung ke negara yang mengalami peristiwa pemboman. Tentu saja rasa takut tidak hanya bagi wisatawan tetapi juga pelaku bisnis pariwisata Indonesia. Banyak harapan pebisnis pariwisata Indonesia bahwa kejadian bom Surabaya tidak berdampak terlalu untuk kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Harapan untuk mencapai target puluhan juta wisatawan asing ke Indonesia sudah berada di ujung tanduk. Pariwisata Indonesia yang akan menjadi pengganti non migas akan berhenti sementara waktu karena peristiwa pemboman. Situasi yang tidak nyaman inilah yang membuat wisatawan asing takut mengunjungi Indonesia pada hari liburnya.

Tentu hal ini membutuhkan jalan keluar atau solusi yang tepat baik pemerintah maupun swasta agar meyakinkan jaminan keamanan paska bom Surabaya. Tentu saja membutuhkan kerja keras dari semua pihak yang berkompoten pada pariwisata Indonesia. Memang tidak semudah yang diharapkan oleh semua pelaku bisnis, namun hal tersebut bisa diatasi secara bersama – sama.

Keyakinan pariwisata Indonesia tetap tumbuh dalam waktu yang tidak terlalu lama tergantung partisipasi semua pihak terutama pemerintah akan jaminan keamanan di Indonesia. Sebenarnya tahun ini telah mengalami perubahan besar peningkatan kunjungan wisata sejak awal tahun 2018. Namun karena peristiwa bom Surabaya sehingga banyaknya pembatalan kunjungan wisatawan di berbagai biro perjalanan wisata di Indonesia sebagai tanda bahwa kunjungan akan menurun tahun ini.

Pilihan lain adalah menjual paket wisata Indonesia ke tempat lain yang dirasa nyaman seperti wilayah timur Indonesia. Tentu ini menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi dampak pariwisata Indonesia yang menurun pada saat sekarang. Wilayah timur Indonesia menjadi pilihan promosi yang tepat untuk sementara waktu.

Daya tarik wisata kawasan timur Indonesia mulai dari NTT, Maluku dan Irian Jaya akan menjadi destinasi utama dalam kondisi seperti ini. Komodo merupakan salah satu pilihan sebagai obyek wisata yang mendunia dan keindahan karang dan jenis ikanya dilaut. Atau Raja Ampat untuk tempat diving bagi wisatawan. Wisata Komodo atau Raja Ampat bisa menjadi pilihan alternatif bagi wisatawan manca negara.

Jika pariwisata Indonesia menurun maka akan berdampak buruk bagi pertumbuhan ekonomi rakyat. Jutaan tenaga kerja pada sektor pariwisata Indonesia akan mengalami hal yang paling sulit atau bahkan kehilangan lapangan pekerjaan. Memang ini hanya prediksi awal ketika ada sinyal soal menurunnya kunjungan wisata ke Indonesia paska kejadian atau peristiwa bom Surabaya.

Harapan insan pariwisata Indonesia akan kunjungan wisatawan Indonesia dengan target pemerintah melonjak pada tahun 2018 dan yang akan datang tentu mejadi keraguan. Bahkan mungkin investor akan ragu menanamkan modalnya untuk sementara waktu atau bahkan membatalkan investasinya di Indonesia.

Negara dan insan pariwisata harus secara bersama melakukan terobosan baru dengan meyakinkan bahwa Indonesia dalam keadaan yang aman dan kondusif. Karena dengan jaminan inilah yang bisa mengatasi persoalan yang sedang berlangsung. Semoga pariwisata Indonesia tetap menjadi harapan setiap insan pariwisata untuk mendukung perekonomian Indonesia.

Let’s go Indonesia for your holidays. We are Flores travel company arrange Komodo tours, Flores Island, Sumba, west Timor and other islands. We hope tours Komodo become your place to visit Indonesia. Daily departure either from Bali Island or Jakarta with direct Flores flight to Labuan Bajo town, west part of Flores Island.