obyek wisata Flores

Obyek Wisata Utama Pulau Flores

Obyek wisata utama pulau Flores yang saya publikasikan disini adalah obyek – obyek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Mari simak sedikit tentang pulau Flores agar bisa mengenal secara umum. Tentu saja yang berkaitan dengan pariwisata.

Pulau Flores merupakan salah satu pulau terbesar di propinsi Nusa Tenggara Timur dengan luas 13.540 km2. Pulau yang memiliki panjang lebih dari 800 kilometer dari barat ketimur dan 30 kilometer dari utara keselatan memiliki kekayaan alam yang sangat menjanjikan terutama untuk wisata.

Topografi pulau yang bergunung dan berbukit sepanjang daratan membuat pulau ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Pulau Flores secara umum merupakan wilayah curah hujan rendah. Tetapi sangat berbeda dengan bagian barat dimana curah hujan cukup tinggi setiap tahun. Ini karena hampir sebagian wilayah barat pulau Flores ditutupi dengan hutan hujan tropis.

Pulau Flores memiliki kekayaan alam, budaya, tradisi, keberagaman suku dan bahasa yang menjadikanya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Pulau Flores dikenal oleh dunia barat sejak tahun 1500 oleh bangsa Portugis. Dimana Portugis telah memberikan nama pulau ini sebagai Caboda Flora yang artinya keindahan karang dan ikan dalam lautnya.

Sejak pendudukan Portugis, pulau mulai dikenal baik oleh dunia Eropa. Penjajahan Portugis inilah yang membuat orang Flores menganut agama Khatolik hampir 85% dari jumlah penduduknya. Jumlah penduduk pulau Flores berdasarkan sensus tahun 2017 mencapai 2 juta jiwa.

Perjalanan panjang sejak jaman Portugis lalu kemudian Belanda hingga kemerdekaan menjadikan pulau ini menjadi salah satu tujuan misionaris Eropa. Seiring dengan itu pulau Flores pun dikenalkan didunia Eropa sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Singkat cerita bahwa pariwisata pulau Flores tumbuh sejak tahun 1970 oleh pelaku – pelaku pariwisata baik oleh putra – putra Flores maupun oleh aktivis dari pulau lain. Berikut ini adalah obyek – obyek wisata yang menjadi daya tarik wisata di pulau Flores.

Obyek wisata Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan obyek wisata yang mendunia karena keindahanya. Danau dengan keunikanya terletak di kabupaten Ende. Memiliki Tiga danau dalam kawah yang berbeda, dimana setiap danau memiliki warna yang berbeda. Merah, putih dan biru merupakan warna dasar yang umumnya bisa dilihat.

Tetapi kadang – kadang warnanya berubah setiap saat disetiap danau. Ini tergantung viktim dan virus yang hidup dalam air danau. Danau Kelimutu merupakan danau yang kawah bekas letusan gunung api, sehingga ada Dua kawah yang masih aktif yaitu danau berwarna Merah dan Biru.

Sehingga danau itu yang sering berubah warna pada saat tertentu. Perubahan warna itu juga membuat daya tarik tersendiri sebagai bagian dari misteri alam dari danau Kelimutu.

Obyek wisata Kampung Adat Bena

Merupakan kampung adat terbesar di pulau Flores yang berlokasi di kabupaten Ngada bagian tengah pulau Flores. Kampung Bena merupakan kampung asli dari etnik Ngada yang mendiami wilayah bagian tengah pulau Flores.

Kampung dengan rumahnya yang unik karena konstruksi bangunan yang sama serta menggunakan material lokal. Kampung yang berumur ribuan tahun ini masih mempertahankan kehidupan aslinya. Disini anda juga dapat melihat wanita yang membuat tenun IKAT sebagai kegiatan harian.

Batu – batu megalit masih berdiri kokoh ditengah kampung serta rumah – rumah kecil ditengah kampung yang memiliki arti yang sangat mendalam bagi penduduk setempat. Ritual tahun merupakan pesta adat bagi masyarakat setempat.

Obyek Wisata Kampung Adat Wae Rebo

Wae Rebo merupakan kampung adat primitif di pulau Flores. Struktur bangunan yang sangat unik merupakan warisan leluhur yang tidak ternilai harganya. Desain bangunan baik ekterior maupun interior menjadi misteri tersendiri bagi pengunjung.

Kampung yang harus dilakukan dengan pendakian melalui hutan belantara untuk mencapai kesana merupakan obyek wisata yang khusus. Sepanjang pendakian dengan hutan dan jalan setapak anda dapat melihat vegetasi asli dan kicauan burung dapat didengar.

Kegiatan ini melihat kampung primitif Wae Rebo merupakan paket wisata dengan minat khusus. Segingga kami sebagai agen lokal menjadikanya sebagai kegiatan Eko wisata.

Memang masih banyak obyek wisata pulau Flores yang lain, tetapi pada saat ini kami hanya memberikan informasi obyek wisata yang paling banyak dikunjungi. Jika anda hendak berlibur ke pulau Flores, anda bisa menghubungi jasa kami di website bisnis pariwisata.

Pada website bisnis kami, anda tentu bisa menemukan berbagai paket wisata pulau Flores yang biasanya kombinasi dengan paket wisata taman nasional Komodo. Tentu saja anda bisa memilih dari berbagai paket wisata yang dipublikasikan.

Jika tidak ada yang sesuai dengan kenginan anda, kami bisa merubahnya. Sesuaikan dengan jumlah hari libur dan destinasi yang anda inginkan. Kami selalu merekomendasikan perjalanan dimulai dari timur dan berakhir di Labuan Bajo. Sehingga anda bisa menghabiskan waktu selama dikapal sebelum kembali ke rumah anda.

Obyek Wisata Utama Pulau Flores

Itulah obyek – obyek wisata pulau Flores yang menjadi primadona saat ini. Tentu saja tidak hanya itu namun masih banyak obyek – obyek wisata lain yang bisa dilihat atau dikunjungi.

Obyek Wisata Utama Pulau Flores

Untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang obyek wisata utama pulau Flores atau ingin mengunjungi pulau Flores, silakan menghubungi kami pada website penjualan paket wisata.